Sabtu, 24-Feb-2024

Rabu, 10/08/2022 Umum 431 hits

Sudahkah kalian mengetahui apa itu Internet of Things? Jadi Internet of Things atau yang biasa disingkat dengan IoT adalah teknolgi yang memungkinkan kita untuk mengontrol suatu objek melalui jarak jauh dengan menggunakan koneksi internet tanpa perlu menggunakan bantuan komputer atau manusia. 

Teknologi IoT ini ditemukan pada tahun 1999 oleh penemunya yaitu Kevin Ashton, yang pertama kali ia sebutkan pada presentasinya untuk Procter & Gamble. Jadi lebih simpelnya dengan adanya IoT ini kita bisa mengontrol perangkat-perangkat yang kita miliki dari jarak jauh tanpa harus berinteraksi dengan perangkat tersebut secara langsung. 

Contohnya kita dapat mengontrol kondisi lampu dirumah kita yang telah terintegrasi dengan IoT melalui ponsel pintar kita melalu koneksi internet, sehingga apabila kita lupa untuk mematikan lampu di rumah ketika sedang bepergian kita bisa mematikannya melalui telfon pintar kita tanpa harus kembali ke rumah.

Bayangkan apabila teknologi ini diimplementasikan di dalam dunia industri, tentu akan membawa banyak sekali keuntungan. Internet of Things sendiri sangat berhubungan erat dengan industri di era sekarang ini, yaitu era industri 4.0. Lalu bagaimanakah IoT bekerja? Internet of Things bekerja dengan cara instruksi pemrograman.

Setiap perintah dapat secara otomatis menghasilkan interaksi antara perangkat lain yang terhubung, bahkan dari jarak jauh, tanpa campur tangan pengguna. IoT memiliki pengaruh di dunia industri seperti di bidang manufaktur, logistik, perawatan kesehatan, perencanaan kota, rumah, pertanian, dan bahkan industri otomotif.

Fungsi utama IoT pada dasarnya adalah fungsi data miner. IoT berfungsi untuk mencari dan mengumpulkan berbagai data dari lapangan. Data tersebut nantinya akan diolah menjadi data yang lebih bermanfaat.

Berikut adalah keuntungan dari menggunakan IoT dalam dunia industri.  

Dapat Mengehemat tenaga : Hal ini desbabkan karena dalam penggunaan IoT nantinya akan sangat sedikit sekali memerlukan campur tangan manusia di dalamnya, karena semuanya sudah dilakukan seacara otomatis dan untuk mengontrol semuanya bisa melalui 1 perangkat seperti kmputer yang telah terintegrasi.

Lebih efisien : Hal ini disebabkan karena semuanya telah berjalan secara otomatis, sehingga akan bisa memangkas waktu menjadi lebih efisien.

Membuat Konektivitas menjadi lebih muda : Koneksi antar jaringan semakin baik, semakin cepat dan efektif sistem perangkat IoT akan berjalan, dan semakin mudah untuk menghubungkan antar perangkat.

Selain manfaat yang didapat, tentunya juga akan ada beberapa kendala yang didapat. Berikut ini adalah kendala yang di dapat.

 

Tergantikannya manusia oleh robot : Dengan adanya IoT di dunia Industri, robot akan semakin banyak digunakan dalam industri dan mampu menggantikan peran manusia. Ini akan menciptakan ketimpangan dalam masyarakat

Mahalnya dana yang dibutuhkan : Dalam peneranpan teknologi IoT akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena akan ada banyak berangkat yang di butuhkan untuk pengaplikasiannya, seperti sensor, kecerdasan buatan, koneksi jaringan,dan juga perangkat mikro.

Masalah keamanan data  : Data adalah aset yang sangat berharga dalam suatu bisnis, karena di dalam data mengandung banya sekali infromasi yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Tentu saja hal ini bisa saja memunculkan peluang bagi orang-orang yang berniat buruk dalam penyalahgunaan data tersebut. Oleh karena itu perihal keamanan data adalah hal yang penting

Jadi di dalam revolui indutri yang ke empat ini berbeda sekali dengan revolusi industri yang ada sebelumnya, di era yang ke empat ini sudah banyak penerapan teknologi di dalamnya. Salah satunya adalah Internet of Things atau IoT, dengan adanya IoT ini akan banyak membawa keuntungan di dunia industri seperti otomasi pada industri. Namun juga ada beberap kendala yang harus diperhatikan dalam perenerapat IoT di dunia industri.

 


: tanpa label

JAJAK PENDAPAT

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

LOGIN